10:18:00 PM
0


Postingan Kali ini mungkin sudah umum dimiliki oleh orang2, atau bahkan sudah usang dimakan jaman... tapi semoga tips yang akan saya share ini bermanfaat bagi yang sudah lupa, apa itu yang lupa?.. cara setting wifi di blackberry.. (hah.. gak mutu banget yah..).

Ok, anggap saja kita lupa cara settingnya dan dari sekian banyak yang posting soal cara setting wifi blackberry ini ternyata bang brow dan sist brow nyasar disini.. (waahhh..tengkyu..tengkyu kalau begitu...)..
Baiklah mari kita mulai penjelasan setahap demi setahap..
Sebenarnya apa saja sih yang dibutuhkan dalam settingan ini?..
Sederhana saja sih..
yang harus di sediakan adalah:
Pertama : sesuai judulnya yaitu Blackberry yang ada fitur wifinya yah bang brow.
Kedua : pesan kopi dulu karena ini penting untuk modal awal, karena Yang paling sering di butuhkan tentunya Jaringan Internet wifinya atau kebutuhan umum yaitu hotspot gratisaaaann.. hehe...apalagi ketika pulsa kita lagi drop.. (ups).. nah sudah tahu kan pentingnya pesan kopi.. kita nongkrong deh tuh di Hotspot zone.

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah usahakan Blackberry dalam keadaan nyala yah bang brow, soalnya kalau gak dinyalakan mau setting dimananya coba .. (skip aja yang ini gak penting)

Kita klik icon MANAGE CONNECTION. kemudian klik atau centang wifinya pada posisi 'on'
selanjutnya turunkan deh tuh posisi kursornya ke bagian 'set-up wifi Network'
Pilih dn klik 'Next'..
Langkah selanjutnya tanpa harus melangkah kita klik 'Scan For Networks. tunggu beberapa saat yah bang brow, soalnya lagi nyari dulu tuh jaringan wireless yang nantinya akan nyangkut. kalau sudah pada nyangkut, kita tinggal pilih deh tuh wifi mana yang mau kita ambil. kalau perlu di save aja yah.. Jika kita ada di kantor yang sudah kita ketahui nama SSID wifi nya, kita tinggal setting secara manual dengan cara Klik Manually add Network. sudah ditulis kan nama SSID nya,. ok kalau sudah kita klik tombol yang berlambang BB. lalu klik 'CONNECT'.  waahh.. ternyata ada passwordnya bang brow.. tapi anggap saja kita sudah tahu nama passwordnya yah, kalau belum tahu passwordnya mau gak mau kita tanya tetangga sebelah..tapi usahakan tanya sama tetangga saya aja yah, soalnya tetangga saya cantik sih..hahahha.. (skip aja gak penting) selanjutnya jika kita sudah tahu passwordnya kita pilih yang namanya 'PSK/Preeshared key'. kalau pada jaringan hotspot umum sih biasanya ga pake password, kita tinggal tulis nama sesuai dengan apa yang kita mau.. lalu klik save (save wifi profile) atau bisa juga dengan klik connect secara langsung.

Ketika settingan diatas sudah terpenuhi, maka kita kembali lagi pada 'menu manage connection, Jangan lupa kita memeriksa wifi option dengan tujuan untuk setting IP address. di blackberry di tempat umum biasanya menggunakan istilah Automatically obtain Ip address and DNS. kalau ternyata wifi ini menggunakan DHCP, kita tingggal mainin deh tuh settingannya.
tapi kita harus kembali ke menu utama >> Options >> Advance Option >> browser >> Ganti default browser configuration dengan Hotpot browser. welcome to internet zone dan selamat berselancar diduia maya.
Oiya, bagaimana dengan yang menggunakan static IP?. mudah saja sih.. kita tinggal pilih wifi option >> highlight wifi profile yng tadi kita save lalu kita tekan menu atau tombol berlogo BB. >> edit. highlight “Automatically obtain IP Address and DNS” kemudian klik tombol logo BB >> change option. jangan lupa masukin IP-nya yah. bisanya si Format IPnya masih 0.0.0.0, ganti degh tuh satu persatu.. dan biasanya juga sih default di tempat saya 192.168.1.xx
Kalau sudah selesai dan wifinya sudah connected, kita mulai browsing bang brow...
Note: Agar Baterai Blackberry kita Irit jangan lupa disable dulu wifinya kalau berselancar di internetnya sudah selesai.

Demikina postingan yang gak mutu yaitu Setting WIFI/Hotspot pada Blackberry Gak Pake Ribet. ini saya jelaskan secara sederhana namun banyak kata yang harus di skip karena gak penting.. tapi walaupun begitu semoga bermanfaat untuk semuanya khususnya bermanfaat juga untuk saya yang masih belajar.
 

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah nyasar dan membaca postingan ini, suka ataupun tidak suka dengan postingan ini ada baiknya kita saling bertanya di kotak komentar dengan sopan..Dan Apabila ingin mencantumkan sebuah kode dalam komentar, maka disarankan untuk convert terlebih dahulu dengan HTML Encoder.!!
Hatur Nuhun