May 22, 2013

Cara Mengatasi Gagal start-up atau bootloop pada Android

Sebenarnya Apa sih Penyebab Bootloop pada Android?
Menurut Para Ahli dan itu bukan saya.. Bootloop disebabkan karena ROM masih ada stock yang tersisa kemudian diganti dengan kernel ICS tapi tanpa instal recovery.. waduuhh.. recovery apaan lagi tuh? itu loh bang brow Xrecovery atau bisa juga CWM.
Jadi para ahli menyarankan, kalau memang belum ngerti jangan asal nyoba walaupun ada tutorial yang disediakan.
Apalagi kalau coba-coba yang namanya Flashing, Tahukan Flashing itu apa? itu loh bahasa inggrisnya memancing.. hehe, itu fishing yah.. kalau tujuannya untuk belajar dan ngoprek karena ingin tahu sih boleh lah..tapi kalau cuma iseng, mendingan jangan dah bang brow.. Soalnya susahnya Minta Makan.. yang ada malah Rusak tuh Handphone..soalnya saya pernah merusak sampai 100% firmware Nokia N70 untungnya punya saya sendiri sih, walaupun bukan handphone android tapi jadi nyesek sendiri..Okay lah, kita kembali ke Android, Menurut Para ahli ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam meperbaiki Android yang Bootloop atau disebut Gagal start up.
Jika sudah instaling recovery sih mendingan bang brow, karena kita tinggal langsung masuk ke recovery lalu flash ulang deh ROM handphone kita atau bisa juga di wipe itu sudah mencukupi. Tapi gimana kalau belum instal recovery? owh..itu sih maaf maaf yah bang brow.. Tidak bisa tuh...
Bisa sih, tapi untuk yang sudah instal recovery sih sama seperti manusia kalau sakit harus pergi ke dokter atau puskesmas terdekat, atau klinik umum untuk memeriksa kesehatan.
Tapi jika belum instal recovery dan terjadi bootloop maka bisa di ibaratkan harus dibawa ke Unit Gawat Darurat untuk operasi berat, karena kalau tidak masuk ruangan operasi mustahil sembuh.

Untuk melakukan Flash pada Android bisa juga menggunakan Flashtool.
Tujuan dan solusi yaitu Flashing ROM secara keseluruhan. Cara flashing ini sebenarnya bisa dilakukan secara online dengan menggunakan software yang namanya SEUS/PC Companion. Tapi Kata Para ahli beresiko sangat besar karena kalau online membutuhkan Koneksi internet yang stabil.

Jadi Kita Flash secara Offline dengan flashtool aja deh yah bang bro.

Langkah Pertama yang harus di lakukan adalah install dulu software yang namanya yFlashtool tersebut, kalau proses instal sudah beres, maka saatnya buka aplikasinya dan flash seperti biasanya dengan ROM Stock Xperia X10 Mini Pro FTF yang sudah dimiliki, Atau bisa download disini Tunggu hingga proses flashing selesai 100%, maka dengan otomatis handphone akan start up sendiri. widihh.. sukses..
Semoga bermanfaat yah bang bro., Jika sakit berlanjut segera hubungi dokter.

1 comments:

  1. ooo jd seperti itu ya mas....saya dlu juga bingung mau saya apain ...langsung tak bawa ke bengkel hp aja...hehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah nyasar dan membaca postingan ini, suka ataupun tidak suka dengan postingan ini ada baiknya kita saling bertanya di kotak komentar dengan sopan..Dan Apabila ingin mencantumkan sebuah kode dalam komentar, maka disarankan untuk convert terlebih dahulu dengan HTML Encoder.!!
Hatur Nuhun